Definisi Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli - Ilmu Pengetahuan

Jumat, 23 Februari 2018

Definisi Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. 
apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.


Menurut Wikipedia sendiri, Komunikasi adalah "suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain".

1. Mulyana, Deddy.
Dalam bukunya Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Deddy Mulyana mendefinisikan komunikasi sebagai prose penyampaian informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dsb yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang atau kata-kata, gambar, bilangan, grafik, dll.

2. Harorl D. Lasswell
Sedangkan dalam buku ‘Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar‘ karangan Dedy Mulyana, Harorl D. Lasswell mengemukakan bahwa pada dasarnya komunikasi merupakan proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa dan dengan akibat atau hasil apa?


3. Achmad S. Ruky
Menurut Achmad S. Ruky, komunikasi merupakan proses pemindahan dan pertukaran pesan, dimana pesan ini dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kepada orang lain. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi dan/ atau mengubah informasi yang dimiliki serta tingkah laku orang yang menerima pesan tersebut.

4. Anderson
Mernurut Anderson, komunikasi merupakan proses yang dinamis. Proses ini secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.

5. Anwar Arifin
Komunikasi menurut Anwar Arifin merupakan sebuah konsep multi makna. Dalam makna sosial, komunikasi merupakan proses sosial yang berkaitan dengan kegiatan manusia dan kaitannya dengan pesan dan prilaku.

6. Atep Aditya Barata
Atep Aditya Barata mendefinisikan komunikasi sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan, berita, atau informasi yang terjadi diantara dua orang atau lebih. Proses ini dilakukan secara efektif agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penerimanya.

7. Barnlund
Barnlund menyatakan bahwa komunikasi timbul oleh karena adanya dorongan kebutuhan seseorang untuk mengurangi rasa ketidakpastian, untuk bertindak secara efektif, dan untuk mempertahankan atau memperkuat ego.

8. Bernard Berelson & Gary A. Steiner
Dalam buku ‘Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar’ karangan Dedy Mulyana, Bernard Berelson dan Gary A. Steiner menyatakan bahwa komunikasi merupakan sebuah tindakan atau proses transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan semacamnya. Hal yang di transmisikan ini dapat berupa simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik dan semacamnya.

9. Skinner
Menurut BF. Skinner komunikasi dapat didefinisikan sebagai prilaku verbal atau simbolik dimana pengirimnya berusaha mendapatkan efek yang dikehendakinya dari penerima.

10. Carl I. Hovland
Dalam buku ‘Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar’ dikatakan bahwa Carl I. Hovland mendefinikan komunikasi sebagai sebuah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) untuk dapat menyampaikan rangsangan, dengan tujuan untuk dapat mengubah prilaku orang lain (komunikan).

11. David K. Berlo
Dalam buku Pengantar Ilmu komunikasi karangan Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc dikatakan bahwa David K. Berlo mendefinisikan komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial, yang berguna untuk mengetahui dan memprediksi sikap orang lain, serta mengetahui keberadaan diri sendiri. Dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan keseimbangan dalam masyarakat.

12. Agus M. Hardjana, M.Sc., ED
Menurut Agus M. Hardjana, komunikasi dapat dirumuskan sebagai suatu kegiatan disampaikannya suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain melalui media tertentu. Setelah pesan tersebut diterima dan dipahami sejauh kemampuannya, penerima pesan kemudian menyampaikan tanggapan  melalui media tertentu pula kebada penyampai pesan.

13. Redi Panuju, Msi
Menurut Redi Panuju, pengertian komunikasi adalah sistem aliran yang menghubungkan, dan kinerja antar bagian didalam sebuah organisasi, yang menghasilkan adanya suatu sinergi.

14. Everett M. Rogers
Dalam buku ‘Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar’, Everett M. Rogers mendefinisikan komunikasi sebagai proses pengalihan ide dari sumber ke penerima, dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku penerima tersebut.

15. Forsdale
Menurut Frosdale, komunikasi merupakan suatu proses dimana sebuah sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan sutu tujuan, yaitu agar sinyal-sinyal yang dikirim dapat diterima dan dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

16. Frank E.X. Dance
Menurut Frank E.X. Dance komunikasi adalah proses dimana melalui proses ini seseorang (komunikator) dapat menyampaikan stimulus dengan tujuan untuk merubah atau membentuk prilaku orang lain (komunikan).

17. Gode
Menurut Gode, komunikasi merupakan suatu proses yang membuat sesuatu yang awalnya dimiliki oleh satu orang menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.

18. Gerald R. Miller
Gerald R. Miller menyatakan bahwa komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan pesan kepada penerima, dengan kesadaran niat untuk mempengaruhi prilaku penerima pesan.

19. John R. Wenburg dan William W Wilmot
Dalam buku ‘Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar Komunikasi’ John R. Wenburg dan William W Wilmot mendefinisikan komunikasi sebagai usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh makna.

20. Judy C pearson & Paul E melson
Judy C pearson dan Paul E melson menyatakan bahwa komunikasi merupakan proses untuk saling memahami dan berbagi mana.

21. Mary B. Cassata dan Molefi K. Asante
Seperti yang tertulis dalam buku ‘Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar Komunikasi’, Mary B. Cassata dan Molefi K. Asante mendefinikan komunikasi sebagai proses transmisi informasi yang dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi khalayak.

22. Djenamar. SH,
Dalam buku ‘Komunikasi dan pidato’, M. Djenamar. SH mengemukakan komunikasi adalah sebuah seni dalam menyampaikan informasi, ide, gagasan seseorang kepada orang yang lain.

23. Murphy & Mendelson
Menurut Murphy dan Mendelson, komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal.

24. Onong Uchjana Effendy
Menurut Onong Uchjana Effendy, kumunikasi merupakan proses penyampaian pesan yang dilakukan seseorang kepada orang lain, dengan tujuan untuk memberitahukan, mengubah sikap, pendapat atau prilaku orang tersebut. Penyampaian pesan dapat dilakukan secara lisan (langsung) maupun melalui media (tidak langsung).

25. Dr. Alo Liliweri.
Dalam buku ‘Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan’, Prof. Dr. Alo Liliweri mendefinisikan komunikasi sebagai pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima. Pengalihan pesan dilakukan agar penerima mendapatkan pemahaman mengenai sesuatu.

26. Profesor Wilbur Schramm
Dalam buku ‘Pengantar Ilmu Komunikasi; karangan Hafied Cangara, Profesor Wilbur Schramm menngemukakan bahwa komunikasi dan masyarakat merupakan dua kata kembar yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

27. Raymond S. Ross
Menurut Raymond S. Ross komunikasi dapat diartikan sebagai proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol. Proses tersebut dilakukan sedemikian agar dapat membantu pendengarnya untuk membangkitkan makna atau respons yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator dari pikirannya.

28. Rogers & D. Lawrence Kincaid
Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid, komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, yang pada gilirannya akan memunculkan saling pengertian yang sifatnya mendalam.

29. Shannon & Weaver
Shannon & Weaver mendefinisikan komunikasi sebagai bentuk interaksi manusia, dimana secara sengaja maupun tidak disengaja terjadi upaya saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bentuk interaksi ini tidak sebatas penggunaan bahasa verbal, namun juga dalam bentuk ekspresi muka, lukisan, seni, atau teknologi.

30. Steven
Dalam buku ‘Pengantar Ilmu komunikasi’ karangan Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc. dinyatakan bahwa Steven mendefinisikan komunikasi sebagai reaksi yang diberikan suatu organisme terhadap suatu objek atau stimuli. Reaksi ini dapat terjadi kapan saja, dan berasal dari seseorang atau lingkungannya.

31. Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss
Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss, dalam buku ‘Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar; mengemukakan bahwa komunikasi merupakan suatu proses makna, yang terjadi diantara dua orang atau lebih.

32. William Albig
Dalam buku ‘Komunikasi, Persuasi, & Rektorika’, William Albig menyatakan bahwa komunikasi merupakan suatu proses pengoperan lambang yang berarti, yang terjadi antara individu dengan individu lainnya.

33. William I. Gordon
Dalam buku  ‘Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar’, secara ringkas William I. Gordon mendefinisikan komunikasi sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.

34. William J. Seller
Menurut William J. Seller, komunikasi merupakan proses dimana simbol verbal dan nonverbal di kirimkan, diterima, dan diberi arti.

35. Wuryanano
Dalam buku ‘Super Mind for Successful Life’ Wuryanano memberikan pengertian komunikasi sebagai keterlibatan keseluruhan pribadi, cara berbicara, sikap, tingkah laku, dan segala sesuatu yang terpancar dari pribadi seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar